Galeri Video


Kunjungan Anak-anak Menarbu ke Museum Zoologi dan Herbarium Bandungense SITH ITB

MULIANTARA bersama SITH ITB menyelenggarakan Virtual Tour Museum Zoologi dan Herbarium Bandungense bagi anak-anak Kampung Menarbu, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan museum zoologi, herbarium, dan berbagai koleksi hewan dan tumbuhan kepada anak-anak Menarbu. Acara ini dilaksanakan secara daring pada 9 dan 16 Agustus 2021.


Profile Kampung Menarbu - Papua Barat

Memperlihatkan kondisi lokasi, budaya, dan kehidupan sehari hari, di Kampung Menarbu, Kepulauan Roon, Papua Barat, pada tahun 2018


Gurano Bintang WWF Indonesia

KM. Gurano Bintang adalah Kapal Konservasi milik WWF-Indonesia yang beroperasi di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua. Selain melakukan monitoring dan pengawasan terhadap kawasan laut dan populasi Whale Shark/Hiu Paus, KM. Gurano Bintang juga aktif berkeliling ke desa-desa di sekitar kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih untuk memberikan pendidikan lingkungan serta bantuan nutrisi bagi anak-anak di kawasan tersebut.


Gurano Bintang, Inspirasi untuk Teluk Cendrawasih

Salah satu kekayaan alam laut Teluk Cendrawasih adalah Hiu Paus atau Whale Shark yang dikenal oleh masyarakat lokal sebagai Gurano Bintang. Gurano Bintang kemudian dijadikan nama kapal sebagai sarana program pendidikan lingkungan untuk masyarakat di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Program ini merupakan kerjasama Balai Besar Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Pemerintah Kabupaten Nabire dan WWF-Indonesia.


Gurano Bintang - Bahtera Pembawa Kisah

Arifin Putra, seorang aktor dan Suporter WWF-Indonesia memiliki ketertarikan dan kepedulian yang sangat tinggi terhadap alam Indonesia. Ketika mendapatkan kesempatan menjadi pengajar relawan di Kapal Gurano Bintang WWF-Indonesia, ia terinspirasi oleh budaya, karakter manusia, dan keindahan alam dari tempat yang belum pernah didatanginya itu. Tak sekadar mengajar dan berbagi pengalaman, ternyata pesona dan kharisma sisi paling timur Indonesia itu membawanya pada satu permenungan bahwa ia harus melakukan sesuatu untuk membantu.