Link

www.wwf.id World Wide Fund for Nature (WWF) adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang menangani masalah-masalah tentang konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan. WWF adalah organisasi konservasi independen terbesar di dunia dengan lebih dari 5 juta pendukung di seluruh dunia yang bekerja di lebih dari 100 negara, mendukung sekitar 1.300 proyek konservasi dan lingkungan.


www.pustakasumatera.org merupakan media untuk memberikan informasi dan berbagi tentang kegiatan sekolah dampingan di kawasan Sumatera. Situs ini tidak hanya difungsikan sebagai sarana mencari informasi, tetapi juga sebagai media publikasi dan komunikasi sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah itu sendiri. Pengembangan dari kegiatan Rumah Belajar tersebut dilakukan melalui konsep Sustainable Village (Desa Berkelanjutan). Diharapkan dengan adanya “Rumah Belajar“ yang melibatkan masyarakat di sekolah dapat menjadi contoh bagi masyarakat menuju Desa Berkelanjutan. 


www.pustakaborneo.org merupakan situs yang tidak hanya memfungsikan sebagai sarana mencari informasi, tetapi juga sebagai media publikasi dan komunikasi dalam meningkatkan kualitas sekolah dampingan, masyarakat desa serta kapasitas lembaga mitra. Berbagai literasi digital dapat diunduh masyarakat secara gratis. Berbagai macam artikel tentang konservasi alam, pendidikan lingkungan, budaya masyarakat lokal, tanaman obat tersedia di adalam situs ini. Begitupun halnya dengan literasi tentang pembangunan berkelanjutan, SDGs, ESD, SLA (sustainable livehood approach), desa wisata, serta desa berkelanjutan banyak tersedia di dalam situs ini.


www.pustakapapua.org merupakan media untuk memberikan informasi dan berbagi tentang kegiatan sekolah dampingan di kawasan Papua. Situs ini tidak hanya difungsikan sebagai sarana mencari informasi, tetapi juga sebagai media publikasi dan komunikasi sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah itu sendiri. Pengembangan dari kegiatan Rumah Belajar tersebut dilakukan melalui konsep Sustainable Village (Desa Berkelanjutan). Diharapkan dengan adanya “Rumah Belajar“ yang melibatkan masyarakat di sekolah dapat menjadi contoh bagi masyarakat menuju Desa Berkelanjutan. 


RumahBelajar Sumatera-Borneo-Papua merupakan media sosial di facebook untuk memberikan informasi dan berbagi tentang kegiatan sekolah dampingan di kawasan Sumatera, Kalimantan dan Papua. Media sosial ini berfungsi sebagai sarana komunikasi pihak sekolah dengan dunia luar, sehingga memudahkan komunikasi antara guru dengan siswa terkait dengan pelaksanaan pembelajaran, guru maupun siswa juga bisa berinteraksi melalui forum, komunikasi antara sekolah dengan orang tua, komunikasi sekolah dengan para alumni dan memudahkan sekolah dalam berkomunikasi dengan institusi terkait di dalam dan di luar daerah.

www.sekolahalamdigital.org Yayasan Sekolah Alam Digital (YSAD) adalah lembaga swadaya masyarakat atau lembaga non formal yang bergerak di bidang pendidikan lingkungan. Kegiatannya melakukan studi serta publikasi dan mengumpulkan berbagai literasi tentang konservasi alam dan lingkungan hidup. YSAD juga bergerak dibidang dokumentasi visual serta audio visual serta membuat publikasi digital. Berbagai macam karya telah dihasilkan lembaga ini, seperti pembuatan film dokumenter, pembuatan website, buku-buku lingkungan, modul pembelajaran dan lain sebagainya.


Yayasan Pemulih Nusantara (Muliantara) adalah sebuah lembaga non-pemerintah yang bergerak di bidang pengembangan Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di Indonesia. Muliantara memiliki visi menjadikan masyarakat yang sejahtera dan berkelanjutan dengan meningkatkan keahlian, partisipasi, dan pemahaman masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan, pemulihan ekosistem, perubahan iklim, dan pengembangan kebudayaan melalui pendidikan dan penyadartahuan.


Benih Matahari bergerak di bidang pendidikan untuk mendukung peningkatan kapasitas pendidik dan berdampak pada pola pikir dan perilaku generasi muda, yang tanggap terhadap perubahan dan berwawasan keberlanjutan. Cara kerja lembaga berdasarkan mitra kerja (partnership) dan kerjasama dengan LSM yang berkegiatan dengan sekolah di berbagai daerah. Benih Matahari menerapkan kerangka kerja kombinasi antara pelatihan – lokakarya – pendampingan untuk guru/sekolah/pendidik dimana pendampingan merupakan kunci penting sebagai jaminan bahwa mereka akan tetap menggunakan dan mengembangkan sendiri pengetahuan dan kemampuan baru tersebut.